Mengenal Support dan Resistance
Edukasi Forex Pelatihan

Mengenal Support dan Resistance

Konsep dukungan (Support) dan tahanan (Resistance) merupakan tulang punggung analisis teknis. dua topik analisis teknis yang paling banyak dibahas, dan setiap pedagang serius harus tahu bagaimana mengidentifikasi dan menggunakannya dengan benar. Istilah mengacu pada tingkat harga pada grafik yang cenderung bertindak sebagai penghalang, mencegah harga aset tidak didorong ke arah tertentu melebihi titik tertentu.Ada banyak cara untuk menentukan tingkat Support and Resistance, seperti menggunakan pergerakan harga terkini, rumus titik pivot, dan garis fibonaci. Artikel ini akan fokus pada pergerakan harga. Dalam bentuknya yang disederhanakan, dukungan dan ketahanan horisontal tersebut pada gambar diatas.
Gambaran pola zigzag dari pasar bullish bergerak ke atas. Ketika pasar bergerak naik dan kemudian kembali turun, titik tertinggi yang dicapai sebelum turun kembali disebut resistance (garis biru), sedangkan titik terendah yang dicapai sebelum pasar melompat kembali disebut support (garis hijau). Jika pasar tertahan antara dukungan dan tahanan, hal ini disebut harga berada di aluran (channel), dan dalam diagram di atas, ada tiga di antaranya. Dalam setiap aluran, semakin banyak pasar menguji atau mengkonfirmasi setiap tingkat dukungan atau hambatan, semakin kuat setiap tingkat. Pada diagram di atas setidaknya ada dua pengujian ulang setiap level, dengan tingkat resistensi pertama dan kedua pada akhirnya ditembus pada usaha ketiga. Ketika pasar menembus hambatan dari saluran pertama dan kedua, perlawanan sebelumnya menjadi pendukung dan bertindak sebagai penghalang baru untuk mendorong harga pasar kembali.
Sementara pasar terkadang membentuk pola yang mirip dengan yang ada di atas, harus dipahami bahwa pasar selalu dinamis dan tidak stabil; Mereka tampil berbeda untuk setiap hari baru dan setiap kerangka waktu baru, dan dengan demikian mengidentifikasi (apalagi mengambil keuntungan dari) tingkat dukungan dan penolakan ini tidak selalu tepat dan tidak mudah. perubahan harga pasar, pasang surut, dan arus, akan membentuk gelombang zigzag, dan jika kita melihat dengan cukup jeli, kita dapat melihat beberapa struktur pergerakan pasar, saat bentuk perlawanan dan dukungan menahan gerak, namun pada saatnya juga akan mengikis, gagal dan terbukti tidak valid.